KK reg. Jogja dan Hal Seru Di Dalamnya

Assalamualaikum..

Gue adalah seseorang yang gak bisa hidup sendirian, gue butuh orang lain di luar lingkungan keluarga gue buat bersosialisasi. Seperti kata Aristoteles, seorang filsuf asal Yunani mengatakan “Zoon Politicon” yang artinya “Manusia adalah makhluk sosial”. Gue selalu senang bertemu dengan orang-orang baru untuk mendengar berbagai macam cerita dan pengalaman mereka buat pelajaran hidup gue, karena menurut gue pengalaman itu gak perlu harus dialami sendiri tapi cukup dengan mendengar cerita pengalaman seseorang maka kita akan tau banyak hal.

Gue ikut berbagai macam jenis komunitas supaya gue bisa bersosialiasasi dan banyak dapet temen, salah satunya Komunitas Blogger “Kancut Keblenger (KK)”. Karena gue ada di Jogja, maka gue bisa ketemu sama temen KK yang satu regional sama gue di KK regional Jogja. Lewat perkenalan dunia maya yang akhirnya dipertemukan lewat dunia nyata, dan gue sangat nyaman berinteraksi dengan KK reg. Jogja ini. Komunitas ini banyak banget berisi orang-orang kreatif dan seru, gue bakal bercerita tentang gimana asiknya komunitas KK reg. Jogja ini dan gimana KK reg. Jogja ini tetep bisa kompak dan solid 🙂

Sekilas Tentang Join di Kancut Keblenger

Gue join komunitas blogger Kancut Keblenger kira-kira udah 1 tahun, sementara KK sendiri sekarang udah mau 3 tahun berdiri. Gue awal join masih jadi silent reader di grup FB KK kira-kira sekitar 2 bulan dan gue belom tau satu orangpun di KK, kecuali Irvina Lioni sang founder komunitas KK. Setelah gue liat betapa asiknya KK Jabodetabek dan regional lain ngadain berbagai macam acara kayak kopdar dan charity, gue mikir kenapa Jogja gak bikin kopdar juga? Akhirnya dengan modal pede dan mau kenal sama temen-temen KK, gue langsung nulis post di grup buat perkenalan. Sambutan yang sangat hangat dari temen-temen KK yang rame 😀

logo-KKRG-JOGJA-baru-by-habibi

Kopdar KK reg. Jogja

Sekitar bulan April 2013 gue posting di grup tentang ajakan kopdar KK reg. Jogja, dan ternyata yang nanggepin rame banget. Akhirnya gue di invite ke grup FB khusus anak-anak KK reg. Jogja dan mulai ngebahas soal rencana kopdar bareng temen-temen KK reg. Jogja. Akhirnya setelah diskusi kita memutuskan fix kopdar hari Minggu tanggal 21 April 2013 buat ngadain kopdar. Kopdar pertama buat gue dan gue bakal ketemu temen-temen baru, tapi ini jadi kopdar ke-2 buat temen-temen anggota lama yang katanya pas kopdar pertama cuma dateng 7 orang dan itu pun cowok semua.

Kopdar ini bertempat di objek wisata Taman Sari, dan 2 hari sebelum kopdar gue sama Juni melakukan survey tempat mana yang asik untuk ngadain kopdar nanti. Untuk gimana detail kopdarnya kalian bisa baca disini. Kopdar ini cuma dihadiri oleh 10 orang aja, lumayan untuk antusias temen-temen yang baru ikut kopdar. Waktu acara sebenernya gak ada games ataupun acara yang dikoordinasi dengan baik, jujur aja acara berjalan dengan biasa tapi menimbulkan kekompakan kita. Kenapa? Karena kita bener-bener ngobrol bareng dan memberikan kesempatan temen-temen yang lain untuk berbicara, supaya kita bisa lebih mengenal masing-masing pribadi temen-temen yang dateng. Gue waktu kopdar itu emang yang paling tua dan berusaha untuk mencairkan suasana senyaman mungkin supaya temen-temen yang dateng merasa memiliki rasa kekeluargaan. Disaat kopdar disana gue nyuruh bikin absen yang berisi nama, nomor telepon, akun twitter, dan alamat blog. Buat apa? Ya supaya kita lebih saling kenal, saling follow twitter, saling kunjung blog dan gue juga memberikan informasi-informasi tentang rencana kegiatan lewat sms. Karena gak semua bisa tiap hari online facebook ataupun twitter, makanya lewat sms ini lebih mudah dan cepat penyampaian infonya.

day 1

day 3

Selang beberapa bulan akhirnya kita memutuskan buat mengadakan kopdar lagi dengan pandangan kita pasti bisa lebih banyak yang dateng dibanding kopdar sebelumnya. Grup facebook KK punya kebijakan untuk menerima permintaan anggota baru tiap tanggal 1, masa iya selang hampir 5 bulan gak ada anak KK yang asal Jogja? Akhirnya Kopdar akan di langsungkan hari Minggu tanggal 15 September 2013 di Taman Budaya Yogyakarta. Seminggu sebelum kopdar gue kedatangan tamu anggota KK dari reg. Bandung si Yono dan dari reg. Bogor si Dony. Sebenernya mereka mau pulang hari Sabtu, tapi daripada nanggung mending gue ajak kopdar sekalian dan pulangnya di pending satu hari biar bisa merasakan gimana hangatnya suasana kopdar bareng KK reg. Jogja. Gak cuma mereka berdua, tau ada rencana kopdar KK reg. Jogja si Ega KK reg. Semarang yang asli Jogja juga ikut serta hadir di Kopdar KK Reg. Jogja kali ini. Sesuai ekspektasi awal kita kalo yang dateng bakal lebih banyak ternyata bener, sekitar 20 orang yang hadir buat ikut kopdar kali ini. Termasuk 3 tamu tadi sih, dan gue juga melakukan hal sama kayak kopdar sebelumnya untuk absensi anggota. Dan gue juga berharap kedepannya bakal makin rame. Untuk gimana detail kopdarnya kalian bisa baca disini.

559335_4699813433285_2024615081_n

Hari Minggu tanggal 3 November 2013 kita ngadain kopdar charity untuk membantu temen kita sesama anggota Kancut Keblenger yang tertimpa musibah, Febri. Dia terjatuh dari atap rumah karena mencoba menolong kucing kesayangannya. Gue berinisiatif buat menggalang dana dari temen-temen KK reg. Jogja untuk menyisihkan rejekinya sedikit guna membantu pengobatan Febri, Alhamdulillah respon dari temen-temen KK reg. Jogja sangat baik dan antusias. Tadinya gue mau pake sistem jemput bola, dan Juni berinisiatif kenapa gak bikin kopdar aja daripada harus mondar-mandir. Ide Cerdas! Atas persetujan bersama akhirnya kita milih kopdar di Semesta Cafe di hadiri 11 orang, karena niatnya cuma menggalang dana dan ngobrolin soal agenda KK reg. Jogja kedepannya. Alhamdulilah tekumpul sekitar Rp. 455.000,- belum ditambah temen-temen yang transfer ke rekening Anugrah. Disini kita ngobrol dan sharing-sharing soal agenda dan project kedepan. Planning kegiatan itu penting supaya lebih rapi dalam mengadakan kegiatan.

IMG-20131104-WA0012

Dan Minggu besok tanggal 22 Desember 2013 bakal ada kopdar KK Reg. Jogja yang ke-4 di Pura Pakualaman, dan sepertinya bakal kedatengan tamu lagi dari luar Jogja kayak Solo, Magelang, Kediri & Nganjuk. Semoga yang dateng lebih rame! 😀

kopdar ke empat

Member KK reg. Jogja

KK reg. Jogja terdiri dari member-member yang keren, berasal dari berbagai daerah dan latar belakang passion yang berbeda-beda. Kebanyakan member KK reg. Jogja ini berasal dari luar Jogja karena di Jogja hanya kuliah, member yang asli Jogja rata-rata masih pelajar semua. Passion yang berbeda-beda bikin KK reg. Jogja jadi kesatuan yang unik, ada yang suka desain ilustrasi, fotografi, musik, sastra, cerpen fiktif pokoknya banyak deh. KK reg. Jogja sendiri juga bakal membentuk kepengurusan, sementara ini karena gue diangap paling tua gue ditunjuk sebagai ketua. Hanya formalitas. Kita lihat saja perkembangannya nanti, semoga KK reg. Jogja semakin solid.

_DSC0122

Untuk urusan multimedia biasa diurus sama Habibi, kalo kalian lihat video kopdar KK reg. Jogja sangat keren itu karna dia yang editing. Biasanya dia juga yang mengurusi masalah desain untuk KK reg. Jogja. Mungkin Anugrah bisa jadi sebagai seksi acara disini, karena dia bisa mencairkan suasana yang biasanya mulai kaku saat kopdar. Untuk hiburan biasanya ada Shakti yang suka main gitar dan nyanyi, suaranya lumayan lah. Nantinya Juni gue tempatin bagian humas, soalnya dia bagian kompor kalo misalnya KK reg. Jogja ngadain kopdar. Untuk urusan duit dipegang sama Beby, yaa maklum karena dia jurusan akuntansi jadi udah biasa ngitungin duit. Sekretaris kemaren nunjuk Nafnisa secara spontan saat kopdar charity, yaa sekalian belajar berkomunitas. Akan sangat panjang kalo gue jabarin disini tentang member-member KK reg. Jogja. Pokoknya kita semua orang-orang hebat. Kita semua sama, bertanggung jawab yang sama untuk komunitas ini. Kita akan berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah. Saling mengingatkan kalo ada yang salah, saling dukung satu sama lain.

kopdar ketiga (11) kopdar ketiga (15)

End of Post

Gue seneng punya keluarga kreatif dan keren di KK reg. Jogja. Mungkin hubungan gue dengan member KK reg. Jogja ini belum genap 1 tahun, tapi gue ngerasa disinilah tempat gue bisa berekspresi dan menyalurkan banyak ide-ide. Dan mereka adalah orang-orang yang penuh semangat buat mencoba hal-hal yang baru. Dan ingat guys, kita masih ada project besar untuk tahun depan. Semoga semua berjalan lancar yaa. Semoga Allah selalu memberi kesehatan untuk selalu bisa berkumpul bersama, berkreatifitas bersama, dan mewujudkan impian kita bersama.

Akhir kata, Wassalamualaikum..

Iklan

14 pemikiran pada “KK reg. Jogja dan Hal Seru Di Dalamnya

  1. Wahh.. Kerenn. Sampe dibuat pengurusnya. 😀
    Gue juga di regional mau buat susunan pengurusnya nih, dr Ketua, sekretaris, bendahara, anggota, Cleaning service, supir SEMUANYA GUE. 😥
    Hahaha.. Soalnya cuman satu2nya.. 😀

    Sukses Buat KK regional Jogja, makin solid.. 🙂

  2. Asik ya banyak komunitas ketemu temen-temen baru lagi seru-seruan sama keluarga baru lagi. Kemana-mana jadi punya temen deh.
    Semoga KK Jogja tetep kompak dan solid. Kalo main-main ke Jogja bisa ditemenin sama temen-temen KK Jogja dong ya, Ky 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s