Petualangan 1 Minggu [Part 1] – Workshop di Kantor Yahoo! Indonesia

Assalamualaikum πŸ™‚

Oke sudah lama banget gue gak nulis di blog karena masalah monitor komputer yang rusak sampe gak bisa dipake, jadinya gue juga males buat ngisi paket modem. Nah oleh karena alasan itu juga kenapa gue gak siaran di Radio Kancut.
*maafkan saya mimin

Oke langsung aja yaa cerita tentang perjalanan gue menuju Jakarta buat ikut acara SMF (Social Media Festival) 2013 diFx Sudirman. Gue juga baru pertama kali ini ikut acara ini dan bakal ketemu sama temen-temen Kancut Keblenger dari regional lain yang selama ini cuma komunikasi lewat dunia maya aja. SMF kali ini diadain tanggal 12-13 Oktober 2013 kemaren, mengusung konsep acara 24 jam. Jadi dimulai tanggal 12 Oktober jam 3 sore dan berakhir tanggal 13 oktober jam 3 sore juga, gue sih sangsi kalo ada orang yang mau mantengin itu acara 24 jam full.

Oke-oke, gue bakal nyeritain gimana perjalanan gue mulai berangkat perjalanan dari Jogja sampe balik lagi ke Jogja. Kalian siapin cemilan atau kopi, soalnya tulisan ini kayaknya panjang banget buat diceritain karena gue suka nulis hal-hal yang sangat mendetail, takutnya kalian keburu ngantuk terus ninggalin komen “bookmark dulu eaa qaqa, ngantuk nich gara2 kepanjangan”.
*Gue sambit lu pake sempak lecek!

  • Kamis, 10 Oktober 2013

Di Kereta Api Ekonomi AC Progo

Oke, perjalanan dimulai. Gue berangkat ke Jakarta pake kereta Progo dengan biaya Rp. 50.000,- cukup murah untuk kereta ekonomi ber-AC, keretanya bersih, dan sekarang ada colokan buat charger di tiap tempat duduknya. Gue berangkat bareng Shakti kawancut dari regional Jogja juga, dia naik dari Stasiun Wates karena lebih deket dari rumahnya sementara gue naik dari Stasiun Lempuyangan. Rencananya Juni juga mau ikut tapi batal karena dia terlalu lugu untuk minta izin sama bos di kantornya. Alih-alih biar keliatan keren izin mau ikut SMF biar bos-nya takjub dan keliatan kalo Juni ini orang yang sangat penting karena pengen dateng ke acara akbar kayak SMF, eh malah gak di izinin. Harusnya bilang kalo mau dateng ke acara nikahan sodara, kali aja si bos nitipin amplop buat kondangan.

Banyak kejadian yang menurut gue konyol, terutama kelakuan Shakti yang menurut gue udik gara-gara baru naik kereta lagi setelah hampir 12 tahun (katanya). Jadi gue sama Shakti duduk hadap-hadapan sama sepasang suami-istri yang bisa di bilang berumur lah, terus si bapak nawarin kita keripik usus. Nah karena masih malu-malu kita ngambil seorang 1 bungkus (ukurannya kecil, kira2 kalo di jual 500 perak), terus setelah makan si Shakti ngomong.

Shakti : Ternyata enak yoo?
Gue : Lah? emang kowe urung tau mangan?
Shakti : Tak kiro iki kripik jamur, nek ngerti ngono mau njupuk akeh.
Gue : Men warek mangane sisan nganggo sego!

*Oke buat yang gak tau ajak tetangga lo yang bisa bahasa jawa buat terjemahin percakapan barusan

Terus setelah keripik usus tadi abis si bapak-bapak baik hati itu nawarin kita lagi, tersisa dua bungkus yaa seorang ambil satu biji. Si Shakti langsung buka dan dimakan, sementara keripik usus bagian gue dikantongin. Gue ngeledekin Shakti kalo gue masih punya keripik, dan si Shakti malah misuh-misuh ke gue. Oke karena gue gak tega ngeliat Shakti yang kayaknya ketagihan sama keripik usus tadi akhirnya gue buka tuh keripik, tapi pas gue buka malah isi nya mental-mentalan sampe jatoh ke bawah. Dan lo tebak apa yang dilakukan Shakti? Iya, dia ngambil keripiknya dan dimakan. Belum 5 menit katanya.

Setelah itu kita juga ke gerbong restorasi buat ngopi-ngopi ganteng. Tapi yang terjadi kegantengan gue seakan luntur setelah ngeliat OB dan Security di gerbong restorasi pada nyetel musik dangdut sambil nyanyi dan joget. Tiba-tiba jiwa dangdut gue serasa terpanggil kembali untuk berdendang, gue mulai getok-getok meja sambil ikutannya nyanyi juga. Shakti? Dia ternyata penyuka musik dangdut koplo. Sayangnya di gerbong ini gak ada biduanitanya. KERING!!!

  • Jum’at, 11 Oktober 2013

Oke setelah menempuh perjalanan sekitar 8 jam akhirnya nyampe juga di Stasiun Jatinegara. Kita dapet kenalan di kereta 2 orang mahasiswa asal Jakarta yang kuliah di ISI Yogyakarta dan ngajakin patungan naik taksi bareng sampe ke Terminal Lebak Bulus, kira-kira itu jam setengah 1 pagi kita nyampe di Jakarta. Setelah nyampe Lebak Bulus gue berencana mau nginep di Sekretnya The Jakmania di Stadion Lebak Bulus, pas gue cek ternyata Sekretnya sepi dan akhirnya kita memutuskan untuk istirahat di Masjid aja.

Di Masjid Jami Al-Ikhlas, Terminal Lebak Bulus

IMG_1189

Numpang bobo di emperannya.

Disana kita nungguin seorang selebtweet asal Jambi yang kelakuannya ngehek abis, sebut saja Mamad (emang panggilannya sih). Gue nungguin dia dari pagi sampe abis Sholat Jum’at, gue paginya makan ketoprak dulu sama terus sebelum Jum’atan gue mandi di WC umum terminal. Dan akhirnya Mamad dateng juga yang ternyata dia ke Bandung dulu ketempat Yono. Asli kampret, kalo tau dia ke Bandung dulu mendingan gue dari Jogja ke Bandung dulu daripada nungguin si Mamad ampe 12 jam lebih di Masjid. Gue ama Shakti kalo lebih lama lagi mungkin bisa di rekrut jadi marbot masjid. Tapi kekesalan gue sirna dan gue memaafkan Mamad setelah dia traktir kita makan di Warteg.
*Rizky memang pemaaf

Oke setelah makan kita bertiga lanjut buat ketemu sama admin dari Kancut Keblenger, komunitas blogger tempat gue bernaung dan di rumahnya pula kita akan bernanung selama SMF (hahaha). Kita akhirnya naik busway sesuai arahan Vina yang nantinya bakal ketemuan di Roxy. Oke gak usah ditanya gimana perjalanan di busway-nya, kalo diceritain gue sendiri ntar yang pusing harus mikirin apa yang di lakuin Mamad selama disana. Pastinya malu-maluin. Malu-maluin, karena orang-orang ngeliat gue ketawa gak jelas gara-gara si Mamad.

Rumah Vina

Akhirnya kita nyampe juga di rumahnya Vina setelah sebelumnya ketemuan di KFC Roxy dan di traktir Mixed Berry walaupun waktu ke KFC nyasempet nyasar dan malah muterin mall-nya. Kita udik.

Di rumah Vina kita disambut hangat sama Nyokapnya Vina yang sangat baik. Kita tidur di kamar Vina yang sangat girly sekali dengan tembokyang di cat pink dan aksesoris kamar perempuan lainnya kayak bantal love, boneka, dan lemari. Berhubung hari Jum’at adalah jatah siaran gue buat acara #SIDOEL di Radio Kancut maka kita akhirnya siaran radio bareng, walaupun bukan acara #SIDOEL yang dibawain tapi gue ikutan siaran dikit. Soalnya waktu itu badan gue rada gak enak dan lebih banyak Shakti dan Mamad yang ngomong, mendadak mereka jadi seleb. Cool!

BWTSY4GIAAANqcb

cieeeee yang siaran cieeee~

Setelah siaran selesai kita ngobrol-ngobrol dulu di ruang tamu, tentunya pembahasan dari hal yang serius, mistis sampe absurd. Setelah ngobrol-ngobrol kita memutuskan untuk tidur karena besok sebelum SMF kita bakal ikut Workshop di kantor Yahoo! Indonesia tentang #DigitalLoveJurnalism bareng temen-temen dari Tumblr Indo . Agenda yang gue juga gak tau, karena gue taunya SMF doang. Bonus buat gue πŸ˜€

  • Sabtu, 12 Oktober 2013

Kantor Yahoo! Indonesia

Oke akhirnya nyampe kantor Yahoo! Indonesia sekitar jam 10 pagi. berangkat dari rumah Vina naik taksi dan sebelumnya dapet tenaga ekstra berkat nasi uduk dan teh anget. Makasih yaa tante~

Di Kantor Yahoo! ini gue sempet takjub dengan dekorasinya yang asli keren banget, suatu saat nanti gue pengen punya kantor kayak gini. Amin. Semuanya serba modern dan bikin betah, mulai dari pintu yang bisa dibuka pake kartu khusus punya karyawan, suasana kantor yang cozzy, pantry gratis, sampe toilet yang bisa keluar airnya langsung pas cebok tanpa pake tangan yang di bangga-banggakan Mamad karena tangannya gak kotor. Absurd yaa dia. Memang bawaan orok.

1374210_10201614962807839_1078206023_n

suasana Workshop #DigitalLoveJurnalism

Disana kita ada Workshop tentang cara menulis dengan baik dan benar dan banyak tips-tips keren supaya tulisan kita bisa enak dibaca sesuai pola.

IMG_1235

Vina lagi di (pr)ospek kayaknya.

Gak hanya Workshop tentang menulis tapi kita juga dapet Workshop tentang Photography dari Tim Darwis Triadi. Dan kita juga disuruh foto-foto objek yang ada di ruangan yang sebenarnya gak menarik tapi kalo di perhatikan dari sudut pandang berbeda (ceilah) bisa jadi objek yang menarik.

IMG_1239

Mas-mas dari Darwis Triadi Photography ini kocak abis!

Disana gue juga ketemu orang-orang dari profesi yang berbeda mulai dari jurnalis, blogger, sampe yang suka jualan online yang mau belajar buat mengoptimalisasi tulisan mereka supaya lebih terpola lagi. Oiya kita juga dapet makan siang gratis loh hehehe. Dan emang dasarnya mental anak kosan ketika di bilang makanan dan minuman yang di pantry boleh dibawa langsung aja gue embat, lumayan dapet minuman ion 2 botol. Ternyata ada yang lebih kalap ngambilnya dari gue. Dan gara-gara nganterin si Mamad boker gue gak dapet goodie bag dari Yahoo! KAMPRET!!!

thanks yahoo

semoga bisa ikut lagi. Aku kangen pantry-nya 😦

Aduh, ternyata capek juga yaa nulisnya. Masih penasaran kan ceritanya gimana? Tenang aja, nanti bakal gue lanjutin di Petualangan 1 Minggu [Part 2] – SMF 2013πŸ™‚

Sekian dan terima… sumbangan akhir bulan untuk anak kos.

Wassalamualaikum.

dokumentasi :Β 
@irvinalioni & @shaktinugroho

7 pemikiran pada “Petualangan 1 Minggu [Part 1] – Workshop di Kantor Yahoo! Indonesia

  1. Ping balik: Petualangan 1 Minggu [Part 2] – SMF 2013 | satria's blog

Tinggalkan Balasan

