Tips-tips saat Interview Ngelamar Kerja

Oke gue balik lagi nih, setelah sekian lama gue gak pernah posting hal-hal yang penting (emang biasanya penting ?). Nah semenjak gue ikut komunitas blogger Kancut Keblenger gue jadi termotivasi buat nge-blog lagi karna member-member di dalamnya selalu update banget buat posting. Udah ter-Mindset dalam diri gue kalo gue harus rajin posting, karna gue Blogger #eeeaaa

Kali ini gue bakal ngasih tips buat kalian tentang apa yang harus kita lakuin dan yang enggak boleh kita lakuin saat Tes Wawancara / Interview saat ngelamar pacar kerja. Mungkin buat para pembaca ada yang bentar lagi lulus kuliah / sekolah dan mau langsung nyari kerja, oke ini tips penting banget buat lo (kayaknya sih).

main

udah berapa kali kamu di PHK ?

Oke dari pada kelamaan aca-ucu aca-ucu langsung ada nih disimak tips dari gue..

1. Duduk yang sopan

Saat lo masuk ke dalam ruang interview dan mau di wawancara, jangan langsung duduk, tapi lo harus nunggu sampai si pewawancara nyuruh lo duduk.  Ini penting loh, gue pernah di share sama temen gue soal ini karena ini menyangkut soal attitude kita. Nah setelah lo dipersilahkan duduk lo duduk di kursi yang udah di sediakan, dan jangan sekali-kali lo minta duduk di pangku sama yang wawancara. Baek-baek ntar lo di gampar #PLAK

2. Ceritakan pengalaman yang kamu miliki

Nah pengalaman penting banget buat pertimbangan lo diterima saat masuk kerja. Saat pewawancara menanyakan “Apa pengalaman yang anda miliki?” Langsung aja kalian ceritakan pengalaman yang pernah kalian alamin saat bekerja/magang di tempat lain, atau keahlian yang kalian punya. Dan jangan sekali-kali lo jawab “Maaf pak pengalaman itu terlalu pahit buat saya, saya gak mau mengungkit masa lalu saya pak”. Oke lo bakal di tuduh psycho #Wakdezing

3. Jawab pertanyaan dengan intelektual

Nah saat wawancara pasti si pewawancara bakal ngasih pertanyaan-pertanyaan mendasar buat lo, dan usahakan kalian jawab semua pertanyaan yang dikasih dengan sopan dan intelektual. Saat lo dapet pertanyaan sulit kayak “Sebutkan nama kuli-kuli yang bangun Candi Borobudur?”. Jawab se-intelektual mungkin karna semakin lo terlihat intelektual lo bakal punya kesempatan tinggi buat diterima di tempat kerjaan tersebut, lo bisa jawab kayak gini “Maaf pak karena pada Zaman Dinasti Syailendra saya belum lahir, dan kebetulan nenek moyang saya tidak kenal mereka jadi saya tidak tahu nama kuli-kuli yang di perintah oleh Raja Samaratungga untuk membuat bangun Candi Borobudur”. Lo bakal terliahat keren ! (tapi kayaknya pertanyaan kayak gini gak ada deh)

4. Bahasa tubuh itu penting

Saat lo lagi tes wawancara lo harus perhatikan juga bahasa tubuh lo, lo jangan sampe terluhat grogi dan kaku. Posisi duduk jangan sampe terlihat tegang, karna kalo tegang…. (ah sudahlah). Saat lo menjawab pertanyaan dari pewaancara jangan sekali-kali lo jawab pertanyaan dengan nada gaul sambil godek-godek kepala lo kayak sinetron SMA jaman sekarang yang kebanyakan ngikutin film india karna pake godek-godek kepala. Dan jangan sekali-kali saat wawancara lo pingsan karna dapet pertanyaan sulit, kecuali lo Nikita Mirzani atau Syahrini #eeeaaaa

nikdal

pertanyaannya susah, aku pusing!

5. Ucapakan terima kasih setelah selesai wawancara

Nah setelah kalian selesai wawancara jangan lupa mengucapkan terima kasih, dan kalo bisa sambil bilang kayak gini “Terima kasih pak, semoga pengalaman dan keahlian saya dibutuhkan oleh perusahaan bapak, suatu kehormatan bisa bergabung dengan perusahan bapak kelak”. Dilihat dari ucapan tersebut pewawancara akan melihat kalo kita punya attitue yang baik, dan mudah-mudahan lo bisa di terima oleh perusahaan itu. Dan jangan sekali-kali lo ngomong ke pewawancara dengan nada akrab walaupun itu temen lo sendiri, misal : “Thanks yaa bro, bisa kali lo nerima gue jadi wakil direktur dimari.” mungkin setelah itu pewawancara bakal manggil security buat ngunci lo di kamar mandi kantor. #Gubrak

Oke sekian tips saat wawancara ngelamar pekerjaan, semoga berguna buat kalian kelak, dan jangan lupa buat mempersiapkan mental kalian sebelum wawancara. Minumlah yakult 2 kali sehari, jangan berlebihan kayak gue, karna setelah minum 7 botol yakult gue mules-mules selama 2 hari.


Thanks dan sampai jumpaaaa 😀

Sumber gambar :
Iklan

3 pemikiran pada “Tips-tips saat Interview Ngelamar Kerja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s